Job Fair BLK Makassar Tawarkan 1.605 Lowongan

Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri membuka Job Fair BLK Makassar. Pameran yang diikuti 83 perusahaan industri itu menyediakan 1.605 lowongan pekerjaan.

Hanif mengatakan, penyelenggaraan job fair di berbagai daerah menjadi jembatan penghubung antara industri/perusahaan dengan pencari kerja.

“Penyelenggaraan bursa kerja dapat mempercepat penyerapan kesempatan kerja dan mengurangi pengangguran di berbagai daerah,” kata Hanif, dalam keterangan tertulis, Kamis, 18 Oktober 2018.

Hanif berharap, job fair mampu menekan angka pengangguran dan menyosialisikan  berbagai kebijakan serta program ketenagakerjaan.

“Tingkat pengangguran turun dari 7,01 juta orang (6,33 persen) pada Februari 2017,  menjadi 6,87 juta orang (5,13 persen) pada Februari 2018. Oleh karena itu, kita terus mendorong semua pihak agar bisa menyelenggarakan pameran kerja di berbagai daerah bukan hanya di pusat,” kata Menaker Hanif.

Pada kesempatan ini turut hadir Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah, Wali Kota Makassar Danny Pomanto, serta Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemenaker Bambang Satrio Lelono.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengapresiasi terselenggaranya Job Fair BLK Makassar. Dia ingin kegiatan tersebut memotivasi dan menyerap tenaga kerja lokal.

“Seperti halnya di Bantaeng. Di sana banyak melibatkan tenaga lokal. Saya mewakili pemerintah provinsi menyampaikan apresiasi,” kata Nurdin.

(ROS)